Selasa, 23 April 2013

Pahlawan 12 Bangka


Nama-nama Kusuma Bangsa/Pahlawan Nasional Bangka :
  1. Ali Samid
  2. Jamher
  3. Saman Samin
  4. Kamsen
  5. A Madjid Gambang
  6. Karto SalehSuardi Marsam
  7. Abdul Samad Tholib
  8. Adam Cholik
  9. Sulaiman Saimin
  10. Salim Adok dan
  11. Apip Adi.


Keduabelas/12 pejuang ini dimakamkan dalam satu lubang di kaki Bukit Ma Andil dan diabadikan dengan nama Pahlawan 12.

Pada tanggal 8 November 1973, atas perintah Bupati Bangka yang ketika itu dijabat oleh M Arub, kerangka para pejuang ini digali dan dipindahkan ke makam Pahlawan Padma Satria Sungailiat. Sebelum dibawa ke Sungailiat, sempat diinapkan satu malam di Kantor Camat Mendobarat. Keesokan harinya, tanggal 9 November 1973 kerangka tersebut diberangkatkan ke Sungailiat dengan pengawalan ketat. Pada tanggal 10 November 1973 dimakamkan kembali dengan upacara militer dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-28.

Untuk mengenang jasa dan perjuangan 12 orang kusuma bangsa itu, Pemkab Bangka membangun monumen Pahlawan 12. Peletakan batu pertama monumen berlangsung pada tanggal 19 Desember 1980 dan diresmikan pada tanggal 14 Febuari 1981, bertepatan dengan peringatan ke 35 tahun tragedi pertempuran di Kilometer 12 Petaling.

Sayangnya, pembangunan monumen tak diimbangi dengan perhatian terhadap bekas makam Pahlawan 12 yang sangat dihormati oleh warga Mendobarat kendati kerangka para pahlawan sudah digali dan dipindahkan. Bekas makam itu dibiarkan terlantar dan dilingkari batu bata yang telah berlumut serta nisan dari bekas botol syrup. Beginikah cara kita menghargai para pejuang bangsa?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar